Friday, June 1, 2012

Kompas Motivasi

1 comments
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) disekolah secara sehat adalah memperdayakan media TIK untuk kemajuan diri. Kemajuan diri merupakan proses pencapaian kesuksesan yang dipengaruhi dari motivasi (daya konstruk) dan usaha. Maka tepatnya pemanfaatan TIK harus diarahkan pada peningkatan usaha dan motivasi agar memberi arah yang jelas untuk kesuksesan masa mendatang.

Era TIK dengan kemudahan akses pencarian informasi dari segala penjuru, membuat saya berani mengatakan bahwa mencari sukses itu mudah. Karena kapan saja dengan media smartphone, computer jinjing hingga  computer tablet yang dilengkapi fitur browsing dan akses internet yang memadai, bisa kita gunakan untuk mendapatkan informasi motivasi sehingga jalan sukses itu jelas.

Selama ini dalam pandangan saya, merelakan waktu berlalu bukan untuk mendengarkan atau membaca quot-quot para motivator adalah kerugian yang besar. Menurut Winardi, Motivasi (motivation) yang berasal dari kata latin yakni movere yaitu “menggerakkan” (2004:1) memiliki pengertian bahwa motivasi adalah syarat untuk belajar. Hadirnya motivasi yang tinggi bagi seseorang dapat memberikan arah yang jelas demi menacapai tujuan. Itulah yang saya rasakan. Oleh karena itu, tak salah bila Pak Mario Teguh dibayar mahal atas kata-katanya yang meluruskan paradigma, dan tujuan kita.

Media TIK bagi saya adalah Kompas Motivasi. Kita bisa mengakses quot-quot para motivator via internet. Kata-kata bijak dari orang-orang populer, sebut saja Mario Teguh, Andrie Wongso, dan orang sukses lainnya yang mensukseskan. Dimulai dari kebiasaan mencari kata-kata motivasi, berlanjut pada mendokumtansikannya, sehingga kita bisa mengamali. Tak sekedar quot bijak, namun berkat kemajuan TIK, saat ini kita sudah bisa  mendengar dan belajar secara live pada acara-acara motivasi via internet.

Media TIK sangat bermanfaat dalam menyalurkan kreatifitas dan dorongan yang kuat. Saya memiliki hobi mengumpulkan mp3 motivasi, seperti Mario teguh. Dampaknya ada beberapa kalimat yang sangat dipahami, dan membuat diri ini enjoy dalam menjalani hidup secara bijak. Tak sampai di situ berkahnya, saya juga keseringan menulis artikel-artikel motivasi di waktu istirahat sekolah. Hadirnya motivasi itu memacu semangat untuk berkarya dan terus belajar.

Tips dari saya agar membuat diri terbiasa memperdaya TIK secara sehat, bisa diawali menyeringkan untuk menangkap maksud perkataan orang yang anda anggap lebih bijak. Step by step anda akan jadi lebih bijak.
Terus terbiasa mengakses informasi motivasi guna meraih sukses adalah bagian yang tidak boleh hilang. Pasang surut kehidupan bukan masalah oleh karena ada banyak motivasi yang menguatkan kita untuk mencapai tujuan. Saya yakin anda memerlukan motivasi untuk  meningkatkan semangat/memberi nilai tambah dalam fokus menggapai cita-cita.

Sehingga adanya momentum "Launching Sumsel Free Wifi" dari Pemerintah melalui Dinas PerhubunganKementerian Komunikasi dan Informatika (Dishub Kominfo) Provinsi Sumatera Selatan bersama para relawan TIK Sumsel, patut kita  ucapkan terimakasih banyak dalam mewujudkan Provinsi"Digital" Sumatera Selatan sebagai upaya mengaAyunkan langkah untuk Masa Depan Gemilang


Daftar Pustaka

1 comments :

Unknown said...

ingin sekali menghadirkan artikel ini untuk Pak Mario Teguh dan para motivator lainnya :waaa:

Post a Comment

Satu komentar anda akan di baca oleh banyak orang,dan dua komentar anda akan lebih banyak di baca pula. silahkan berkomentar