Wednesday, June 27, 2012

Arahkan Stress pada Koridor Positif

0 comments

Stress adalah keausan tubuh kita dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan yang terus berubah. Seketika Stress melanda, seseorang memiliki dua pilihan, menyalurkan stressnya pada koridor postif atau negatif. Positif atau negatif memiliki efek fisik dan emosional. Sebagai koridor positif, stress dapat membantu memaksa kita untuk bertindak sehingga menghasilkan kesadaran baru dan menarik perspektif baru. Sebagai koridor negatif, dapat mengakibatkan perasaan ketidak percayaan, penolakan, kemarahan, dan depresi yang kemudian berlanjut pada masalah kesehatan. Hal yang dapat menganggu kesehatan seketika kita menyalurkannya pada arah negative yaitu mengalami sakit kepala. sakit perut, insomnia, maag, ruam, tekan darah tinggi, penyakit jantung hingga stroke.

Seseorang yang mengalami stress akut, secara fisiologis berpengatuh pada otak, jantung, paru-paru, pembuluh dan otot. Hal ini dapat menimbulkan kerusakan fisik dan psikologis dari waktu ke waktu. Stress bisa begitu berbahaya untuk suatu kondisi. Kondisi yang paling mungkin menghasilkan efek negatif yaitu
  • Stress yang di alami merupakan akumulasi dari situasi stres terus-menerus, terutama mereka yang tidak dapat dengan mudah mengontrol (misalnya, tekanan kerja tinggi ditambah hubungan tidak bahagia).
  • Stress terjadi akibat peristiwa traumatis (seperti kecelakaan).
  • Kemampuan dan merespon relaksasi yang tidak efisien atau tidak cukup.
  • Stres pada orang dengan penyakit serius, seperti penyakit jantung.
Memanajemen diri mengarahkan stress pada koridor positif merupakan kunci mengalahkan stress. Diri kita perlu cekatan dalam merespon stress. Pada zaman prasejarah, Respon stres adalah sebuah adaptasi yang penting untuk menghindar dari ancaman alam. Pada dunia modern, respon stres dapat menjadi asset untuk meningkatkan kinerja. Respon stress yang mantap membuat anda mampu mengontrol emosi.
-PUBLICinspire-

0 comments :

Post a Comment

Satu komentar anda akan di baca oleh banyak orang,dan dua komentar anda akan lebih banyak di baca pula. silahkan berkomentar