Saturday, June 30, 2012

Novel Evermore karangan Alyson Noel

1 comments

KUPASAN EVER MORE
Nama Pengarang : Alyson Noel
Nama Penerjemah : Reni Indardini
Nama Penerbit
->St. Martin’s Griffin, Newyork
->Hikmah ( PT Mizan Publika )
Tahun Terbit 
->Cetakan I: November 2010
->Cetakan II: Januari 2011
->Cetakan III: Mei 2011
Jumlah Halaman : 390
ISBN : 978-979-433-599-4


Evermore adalah awal dari serial karya Noel yang sangat popular, karena dinobatankan sebagai the first rank newyork times best seller. Tokoh – tokoh memilik karakter khas, dan dengan cepat, mudah terbayang lewat deskripsi Noel. Persoalan Tokoh utama, Ever menyangkut roman, kemampuan psikis dan kisah keluarganya umpama roti gulung yang lezat sekali di santap.


Dalam buku ini terbentang alur yang menarik satu sama lainnya. Berawal setelah kecelakaan mengerikan merebut nyawa keluarga Ever Bloom, Ia yang berusia 16 tahun dapat mendengar pikiran orang lain, melihat aura mereka, dan mengetahui kisah hidup seseorang hanya dengan menyentuhnya. Ever berusaha sebisa mungkin untuk menghindari kontak dengan manusia dan menekan kemampuannya, sampai – sampai dia di labeli sebagai anak aneh di SMA barunya. Namun segalanya berubah saat dia bertemu dengan Damen Auguste.


Dalam buku ini Damen benar – benar pria tampan, eksotis, dan kaya, dan satu – satunya orang yang dapat membungkam kebisingan dan energy acak di kepala Ever. Seolah Damen dapat mengintip menembus jiwannya Ever yang selama ini terseret semakin jauh ke dalam dunia yang penuh rahasia dan misteri mendapatkan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban. Ever yang sama sekali tak tahu siapa dirinya sekarang - atau apa sosoknya sebenarnya, mulai menyadari dirinya tertarik bagai magnet ke dalam cinta Damen.


Romantisme antara Ever dan Damen di satu sisi sangat di cemburui oleh Drina, mantan kekasih Damen. Drina yang tak kuasa membendung emosi nya berkeinginan membunuh Ever. Namun sayang, ketika niatnya itu telah terencana, Drina yang sangat berkesempatan membunuh tanpa di duga ia yang terbunuh. Ever menyerang cakranya dengan maksud melindungi diri saat ia hamper saja di bunuh oleh Drina.


Buku ini memberikan kesan terbaik untuk Anda. Memperkenalkan anda pada kisah supranatural dan kreatif yang sangat di nikmati. Karakter – karakter utama yang indah, jalinan asmara baru yang di warnai ketegangan, sebuah rahasia gelap, manusia immortal ( abadi ) yang misterius, semuanya membuat buku ini benar – benar sempurna.


Taka ada gading yang tak retak, begitulah ucap pepatah. Di tengah kesempurnaannya, Novel evermore yang merupakan novel terjemahan memiliki beberapa bahasa yang cukup sulit di pahami seperti kebanyakan novel terjemahan. Namun Alyson Noel begitu komunikatif dan halus gaya bahasanya sehingga walau diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia kita masih sangat mengerti peristiwa yang digambarkan. Bagaimanapun buku ini berhak berjajar pada rak buku Anda.

UNSUR INTRINSIK
  • Tema : Kehidupan sehari – hari yang di warnai dengan cinta dan persahabatan yang didasari oleh kekuatan supranatural
  • Latar
    • Waktu: Pagi hari, Siang hari, malam hari, dan tengah malam
    • Tempat: SMA, Rumah Ever, Rumah Demen, Disneyland.
  •  Alur : Campuran
    • Pemaparan : “setelah kecelakaan mengerikan merebut nyawa keluarga Ever Bloom, Ia yang berusia 16 tahun dapat mendengar pikiran orang lain, melihat aura mereka, dan mengetahui kisah hidup seseorang hanya dengan menyentuhnya. Ever berusaha sebisa mungkin untuk menghindari kontak dengan manusia dan menekan kemampuannya, sampai – sampai dia di labeli sebagai anak aneh di SMA barunya. Namun segalanya berubah saat dia bertemu dengan Damen Auguste yang mempunyai kekuatan sama dengan Ever.”
    • Penggawatan : “Suatu ketika Damen menceritakan kepada Ever bahwa Damen telah memberi Ever ramuan berwarna merah setelah kecelakaan itu terjadi. Ramuan itulah yang membuat Ever memiliki kekuatan seperti sekarang. Setelah di ceritakan hal itu, Ever marah kepada Damen.”
    • Penanjakan : “Drina, mantan kekasih Damen merasa cemburu kepada Ever karena Damen terus mendekati Ever.”
    • Klimaks : “Drina yang di hantui oleh kecemburuan berhasrat untuk membunuh Ever. Jadi Drina mengejar – ngejar Ever untuk mewujudkan hasratnya.”
    • Peleraian : “Pada akhirnya bukan Ever yang di bunuh Drina, melainkan Ever yang tak sengaja membunuh Drina dengan memukul cakra yang ada di hati Drina.”
  •  Tokoh dan penokohan   : 
    • Ever Bloom: Pendiam, menutup diri namun terbuka dengan sahabat – sahabatnya kecuali mengenai kekuatannya
    • Damen Auguste: Baik, perhatian, penyabar, segala bidang di kuasainya
    • Haven: Mudah penasaran, menyukai sesuatu yang gothic
    • Miles: Pendengar yang baik, tetapi penyuka sesama jenis
    • Drina: Egois, menghalalkan segala cara
    • Stacie: Iri hati
    • Riley: Usil, misterius, ceria dan penolong
  •  Sudut pandang : Orang pertama pelaku utama
  •  Gaya bahasa : Mudah di mengerti, halus, dan menarik
  • Amanat : Jangan terpaku pada masa lalu ! tataplah masa depan ! 

UNSUR EKSTRINSIK
  •  Biografi penulis
Alyson Noel merupakan penulis Fly me the moon, saving zoe, cruel summer, dan seri immortals. Evermore adalah buku pertama dari seri ini. Buku selanjutnya Blue moon, Shadowland, Dark flame, dan Night Star.

Buku – bukunya telah di terjemahkan di 35 negara dan telah memenangi beberapa penghargaan seperti : National Reader’s Choice Award, Nyla Book Of Wintter Award, Nyple Stuff for Teenage, Teenredds Best Books of 2007, Reviewer’s Choice 2007 Top Ten, terpilih untuk Early Show CBS segmen “ Give The Gift Of Reading”, dan terseleksi untuk “Host List” majalah Seventeen dan Beach Book Club Pick.
Dia tinggal di Laguba Beach, California, dia kini sedang sibuk bekerja untuk buku lainnya.
  • Nilai Moral : Jangan mengerjakan hal – hal neggatif yang di sebabkan karena cinta.
  •  Nilai Sosial : Saling mempercayailah satu sama lain dalam persahabatan.
  • Nilai Budaya : Penulis menggambarkan kebiasaan para siswa yang tidak memakai seragam resmi ke sekolah dan budaya berpesta kala libur cukup panjang.

1 comments :

. said...

Terimakasih banyak atas infonya ya. sangat membantu ^^ dan jika saya baca novelnya memang sangat menarik

Post a Comment

Satu komentar anda akan di baca oleh banyak orang,dan dua komentar anda akan lebih banyak di baca pula. silahkan berkomentar