Tuesday, June 19, 2012

Tips berhemat

0 comments

Kekayaan materi sebagai tema kita kali ini akan coba di angkat dalam sudut pandang berhemat. Hemat merupakan perilaku membatasi hal – hal antara keperluan dan kesenangan. Nilai postif yang dapat di petik dari menghemat yaitu membiasakan diri kita belajar untuk kaya. Bapak Ibu apalagi kaula muda ada kalanya di suatu momen harus mengatur pengeluaran uang terhadap tuntutan hidup bukan ?. Agar kondisi finansial kita tetap terjaga ada baiknya mulai membiasakan berhemat. Lantas hemat yang bagaimana perlu kita jalani ? yaitu hemat yang tidak menyiksa kita karena kepelitan. Hemat dan pelit dekat cirinya namun esensi serta tujuannya berbeda. Orang yang hemat, andaipun sangat memperhatikan pengeluarannya, cenderung masih bisa bersedekah, orang pelit tidak.

Berikut tips hemat yang baik kita terapkan

- Membeli barang seperlunya saja
Biasanya bapak, ibu, kakak mahasiswa, teman-teman dan adik – adik membeli banyak barang yang tidak dibutuhkan atau hanya perlu sekali waktu. Banyak yang suka berfoya foya belanja di mall. Maka jalan yang kami berikan apabila ada barang yang tidak anda butuhkan hendaknya tidak usah dibeli, tetapi apabila barang itu sangat dibutuhkan maka belilah barang tersebut sesuai kebutuhan prioritas anda masing - masing. Membuat standar prioritas tiap bulannya kunci untuk anda, standar prioritas ini membantu hal mana yang harus di utamakan.

- Puasa senin kamis
Cara ini merupakan salah satu cara yang ampuh untuk berhemat uang, dengan puasa senin kamis maka secara otomatis pengeluaran kita untuk makan akan berkurang. Puasa bukan berarti identik pada umat muslim saja, banyak juga non muslim menjalani ritual ini. Selain bermanfaat pada segi kerohanian, ini juga meluruskan niat awal untuk apa anda berhemat

- Kurangi bepergian dengan kendaraan bermotor
Kenaikan harga minyak premium sepatutnya tidak membuat kita sering bepergian dengan kendaraan bermotor. Maka niatkan dalam diri bahwa kita berpergian sebatas hal tersebut penting, otomatis anda akan menghemat uang saku untuk membeli bensin. 

- Makan makanan sehat, murah!
Tidak sedikit di antara kita makan di tempat yang mewah dengan harga makanan yang mahal pula. Bila ada makanan yang sehat lagi murah kenapa tidak mencoba pilihan yang baik ini. Dan lebih baiknya lagi, pangkas pengeluaran pembelian makanan anda di restoran atau warung dengan memasak sendiri yang pastinya kita lebih paham tentang citra rasanya.

- Minimalisir kegiatan  yang kurang bermanfaat
banyak pelajar yang sering menongkrong tidak jelas dengan teman-temanya, Kebanyakan aktivitas tersebut disandingkan dengan merokok bersama atau ngopi, intinya pengeluaran bakalan terkikis. So lebih baik  memanfaatkan berkumpul untuk hal-hal yang produktif. Seperti kerja kelompok. Iya kan?.

- Cuci pakaian sendiri
Banyak mahasiswa yang dimanjakan dengan adanya laundry, dengan laundry kita tidak perlu susah mencuci, tetapi apabila anda terbiasa dengan hal tersebut maka anda tidak akan menjadi seorang yang mandiri, disamping mencuci pakaian sendiri mejadikan seseorang mandiri, kegiatan tersebut juga dapat menghemat pengeluaran kita.

Kita tak tau futuristic kehidupan itu bagaimana, yang terpenting kita sudah belajar untuk susah, siap dengan kesusahan dan belajar menjadi pribadi yang membanggakan. Tips menghemat ini bukan mengajarkan kita untuk pelit, karena Sang Pengasih Ya Ilahi akan selalu menyucurkan rezeki pada hambanya yang berniat baik. 

“Situasi yang memaksa anda merasakan bahwa anda adalah orang yang miskin maka saati itu juga anda telah belajar untuk menjadi orang kaya.”
“Hemat pangkallah kaya.” 
-PUBLICinspire-

0 comments :

Post a Comment

Satu komentar anda akan di baca oleh banyak orang,dan dua komentar anda akan lebih banyak di baca pula. silahkan berkomentar