Saturday, July 21, 2012

Fenomena Abad 21 antara Manusia dan Teknologi

0 comments
Proses globalisasi dibuktikan dengan citra inovasi teknologi yang semakin menggeliat. Banyak orang tercebur dalam kenikmatan lewat fitur yang dihadirkan kemasan produk berteknologi,itulah sebab mengapa teknologi memiliki daya tarik yang tinggi. 

Menurut Mardikanto (1993), teknologi adalah suatu produk, informasi dan praktek-praktek baru yang belum banyak diketahui, diterima dan digunakan oleh warga masyarakat dalam suatu lokasi tertentu dalam rangka mendorong terjadinya perubahan individu dan atau seluruh warga masyarakat yang bersangkutan. Dilatarbelakangi dari pengertian tersebut, teknologi memunculkan sebuah fakta menarik, yaitu ketika manusia menciptakan teknologi, dan membuatnya semakin mutakhir, entah mengapa teknologi itu mengubah drastis sebagian besar pribadi pemakainya. Penulis mengistilahkan banyak manusia sudah terkomputerisasi.

Pembaca bisa mengkoreksi pernyataan di atas terhadap beberapa  fenomena yang akan dibeberkan. Keyakinan saya bila bukan anda yang telah terkomputerisasi, maka teman, adik, orangtua, hingga sanak saudara atau beberapa dari mereka telah menunjukkan fenomena luar biasa ini.
  • Ketika mendengar nada dering Handphone anda segera membuka dan mengangkatnya, sedangkan ketika anda mendengar suara adzan yang memanggil untuk sholat maka kalian akan mencoba mengatakan nanti pada hati kalian.
  • Ketika pulsa habis maka anda akan berkorban apa saja untuk mampu membeli, sedangkan apabila ada yang meminta sedekah apa kita bisa melakukan pengorbanan seperti halnya membeli pulsa?
  • Ketika membaca sms mungkin anda akan terlena dan menjadi khusuk dalam membacanya, terutama sms dari pacar yang membuat anda tersenyum-senyum sendiri, bahkan orang yang disamping tanpa salah anda cuekkan dan terlalu serunya sampai-sampai anda tidak mau berhenti smsan. Coba bayangkan ketika anda membaca Al-Qur'an?, membaca alkitab? Paling hanya anda sudah ingin berhenti.
Pengguna (user) perlu berpikir kritis. Fenomena abad 21 dengan canggihnya teknologi dapat mengubah seseorang sedemikian rupa. Banyak teknologi  mempengaruhi individu pada tingkat personal, contoh di atas menunjukan bahwa teknologi telah menjadi kebutuhan yang harus ada dalam keseharian pengguna.

Pemakaian teknologi bermanfaat sekali dengan syarat tanpa harus menomor dua kan kewajiban kita pada sesama manusia, terutama kepada Tuhan. Banyak kebaikan memahami teknologi, satu sisi positifnya menghilangkan kekakuan terhadap perkembangan zaman. Inti mengaplikasikan teknologi di mana kita sebagai user, secerdas – cerdas langkah harus di bekali benteng ilmu supaya tidak terjerumus atas kehadirannyai. Bila menyeberangi pandangan filsafat, kita patut merenungkan mengapa kita yang menciptakan nya membuat ia balik menyerang kita sang pencipta, padahal posisi saya dan juga anda lebih berkuasa dari padanya. (Analogi antara manusia dan Sang Pencipta). Pahamilah maka anda akan mendapat sisi kebenaran.
-PUBLICinspire-

Daftar Pustaka
*Syamrilaode,Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli. http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/presenting/2060372-pengertian-teknologi-menurut-para-ahli/. Diakses pada tanggal 22 Juli 2012.
*Admin, Infoyazid. www.info-yazid.com/. Diakses pada tanggal 22 Julii 2012.

0 comments :

Post a Comment

Satu komentar anda akan di baca oleh banyak orang,dan dua komentar anda akan lebih banyak di baca pula. silahkan berkomentar