Wednesday, March 14, 2012

benarkah warna yang kita lihat serupa

0 comments

Mari kita berimajinasi, anda dan saya bergandengan tangan, melihat matahari terbenam, di mana cakrawala yang resah dengan api emas dan encroaches malam mendalam biru dari sisi berlawanan langit. Saya mengatakan "warna yang indah bukan", dan Anda setuju.

Dan kemudian, di sela kesunyian berikut, saya terkejut oleh kekhawatirkan. Saya bisa menunjukkan ke langit dan mengatakan itu adalah biru , dan Anda akan setuju. Tapi apakah Anda benar-benar melihat itu adalah biru dengan cara saya melihat? Mungkin Anda baru saja belajar untuk memanggil apa yang Anda lihat "biru", tetapi dalam pengalaman aktual yang Anda lihat tidak seperti biru yang saya lihat. Anda penipu, menyebut biru saya dengan nama yang sama seperti milik Anda, tetapi tidak benar-benar melihat dengan cara yang saya lakukan. Atau, bahkan lebih buruk, mungkin saya melihat biru imitasi pucat, sementara Anda melihat biru yang jauh lebih kaya dan lebih indah dari saya. ?? semakin galau.

Berdasarkan uji studi, kekhawatiran saya dan mungkin anda terletak pada bidang filsafat nyatanya, bukan neuroscience. Konsep pemikirannya ialah” jelas tak pernah saya bisa memiliki akses langsung bagaimana rasanya menjadi Anda, dan Anda tidak bisa memiliki akses langsung bagaimana rasanya menjadi saya, atau orang lain, atau beberapa hal lain (falsafah)”. Begitulah kenyataanya !

apa yang anda lihat berbeda dengan yang saya lihat tampaknya lebih masuk akal jika kita mempertimbangkan buta warna yang mempengaruhi sekitar 8% pria dan setengah dari satu persen wanita. Banyak orang bahkan tidak menyadari mereka buta warna. Mereka hidup dengan warna mereka, artinya  orang yang buta warna memiliki perbedaan penglihatan dengan orang yang bermata normal. Untuk mengujinya berilah gambar warna warni bertekstur seperti tes buta warna lumrahnya penglihatan mereka berbeda dengan anda.

Bagaimana, hijau adalah yang saya lihat?
Sebenarnya penglihatan warna dimulai dengan sensor di bagian belakang mata yang mengubah informasi cahaya menjadi sinyal listrik di otak - ahli saraf menamai mereka fotoreseptor. Kebanyakan orang memiliki tiga fotoreseptor yang berbeda untuk cahaya berwarna. Setiap fotoreseptor sensitif terhadap biru, hijau dan merah, dan informasi yang dikombinasikan untuk memungkinkan kita untuk melihat berbagai macam warna. Kebanyakan orang buta warna memiliki kelemahan dalam fotoreseptor untuk hijau, sehingga mereka kehilangan sensitivitas yang sesuai dengan nuansa hijau yang beragam, jadi hijau orang buta warna berbeda dengan berpenglihatan normal.

Di ujung lain, beberapa orang memiliki kepekaan yang meningkat terutama untuk warna. Para ilmuwan menyebut orang-orang tethachromats , yang berarti "empat warna", jadi empat - bukan tiga - fotoreseptor warna yang mereka miliki. Burung dan reptil adalah tetrachromatic, dan ini adalah apa yang memungkinkan mereka untuk melihat ke dalam spektrum inframerah dan ultraviolet. Walaupun begitu Tetrachromats manusia tidak bisa melihat di luar spektrum cahaya normal terlihat, tetapi memiliki fotoreseptor ekstra yang paling sensitif terhadap warna dalam skala antara merah dan hijau, membuat mereka lebih sensitif terhadap semua warna dalam kisaran manusia normal. Sensitive nya itu dapat di gambarkan dengan muda seseorang membedakan hijau muda dengan hijau limau.

Kesimpulannya, saat kita berbagi sunset, saya melihat sesuatu yang mungkin tidak bisa anda lihat, atau Anda melihat sesuatu yang saya tidak bisa melihat. Jika penglihatan warna kita adalah kabel yang berbeda, informasi yang masuk bisa lebih atau kurang sama di antara kita. Hakikatnya saat kita berdua dapat melihat hijau pohon-pohon, merah matahari dan biru langit, bahwa ketika saya mengatakan "biru", menciptakan sebuah pengalaman batin yang berbeda dari Anda ketika Anda mengatakan "biru". Inilah ukuran falsafah apakah warna yang anda lihat sama dengan warna yang saya lihat. 
-PUBLICinspire-

0 comments :

Post a Comment

Satu komentar anda akan di baca oleh banyak orang,dan dua komentar anda akan lebih banyak di baca pula. silahkan berkomentar