Tuesday, February 7, 2012

sattelite telephone

0 comments

Kehadiran telepon satelit belum banyak diperbincangkan apalagi digunakan, namun jangan salah, organisasi sekelas agen FBI mengenakan ini. Apakah telepon satelit itu ?
Definisi telepon satelit  ialah suatu layanan telekomunikasi berupa telepon tanpa kabel (nirkabel) yang menempatkan base tranceiver station ( BTS )  nya di udara sehingga memiliki jangkauan lebih luas dibanding telepon berbasis GSM yang menempatkan BTS-nya di darat. Dengan kemampuan jangkauan yang luas, telepon satelit bermanfaat digunakan di derah pegunungan, pedalaman hingga di tengah lautan sekalipun. Berbeda dengan telepon genggam GSM kita yang jangkauannya terbatas. Perlu di ketahui Telepon satelit bukan menggunakan infrastruktur yang ada di bumi untuk melakukan panggilan.

Awalnya tujuan menciptakan telepon satelit guna menjembatani komunikasi bagi industi yang berada di sebuah tempat yang memang sulit dan mahal bila di kembangkan prasarana telekomunikasinya. Penggunanya seperti pekerja lepas pantai yang membutuhkan kehadiran telekomunikasi telepon satelit agar berhubungan dengan kantor pusat pengeboran minyak.

Telepon satelit di bedakan atas dua jenis,
Telepon satelit genggam. Telepon satelit genggam serupa dengan telepon seluler umumnya pembeda antar keduanya telepon satelit ini dilengkapi antena panjang guna menangkap sinyal. Yang perlu di ingat ialah dengan jangkauan luas telepon satelit miliki,pengguna masih perlu berada di luar ruangan bila ingin melakukan kontak. Di karenakan ruangan tertutup akan menyulitkan penangkapan sinyal oleh antena. Iridium, thuraya, insmart pro merupakan sederet brand teleon satelit genggam yang membeludak di pasaran. ( akses www.satelitphone.com )  . kini telepon satelit di perlengkap dengan fasilitas GSM, Thuraya SG2520 atau Thuraya Dual XT contohnya ( gsm & satelit ). Dengan ini kontak bisa di lakukan pada daerah darat yang ada BTS nya, artinya panggilan dapat di lakukan dengan media BTS di langit ataupun media BTS di darat.

Kemudian jenis kedua yaituTelepon satelit menetap.Telepon ini mirip dengan telepon rumah dan dapat digunakan di dalam ruangan karena antenna telah dipasang di luar ruangan yang terlihat dari langit. Seperti Fleetphone Oceana 800.
Sekali lagi, telepon satelit hampir serupa dengan telepon seluler, begitu jua cara kerjanya. Yang membedakan adalah telepon seluler memantulkan sinyal panggilan menuju ke sebuah menara pemancar lalu ke telepon tujuan sedangkan telepon satelit memantulkan sinyal panggilan ke satelit di luar angkasa. Antena telepon satelit harus berada di tempat yang dapat berkoneksi dengan langit secara langsung tanpa ada penghalang.

Proses pemanggilan telepon satelit
Melakukan Panggilan
Penelepon memasukkan nomor telepon yang dituju lalu tekan tanda kirim. Telepon akan memproses untuk menemukan satelit yang paling dekat dengan telepon asal lalu mengirim informasi tersebut.
Dari Luar Angkasa ke Bumi
Satelit yang menerima lalu mengirimkan panggilan ke mesin penerima di tanah yang paling dekat melalui sebuah gateway. Gateway ini mencoba untuk meneruskan panggilan. Apabila panggilan menuju Australia berasal dari Eropa dan gateway tersebut tidak dapat melacak dan meneruskan panggilan melalui jaringan telepon yang ada, gateway akan mengirimkan lagi sinyal tersebut ke satelit terdekat yang akan melanjutkan panggilan hingga mencapai salah satu gateway yang mampu melacak penerima. Hal ini dapat terjadi beberapa waktu tergantung seberapa jauh lokasi penelpon dan penerima.
Dari Luar Angkasa ke Bumi, Tahap Terakhir
Gateway menerima panggilan yang datang dari satelit dan diterima oleh jaringan penerima. Format panggilan telah diubah sehingga dapat diterima oleh telepon standar atau telepon seluler. Panggilan dari pemanggil ke penerima dapat tersambung apabila perubahan format telah dilakukan dan koneksi terbangun.
-PUBLICinspire-

0 comments :

Post a Comment

Satu komentar anda akan di baca oleh banyak orang,dan dua komentar anda akan lebih banyak di baca pula. silahkan berkomentar